BISNIS CCTV DAN MESIN ANTRIAN PADA ORGANISASI
DISUSUN OLEH:
NAMA: JUPITER HERU WANTA HASIHOLAN SIBARANI
JURUSAN:BCIT-02 2015
NIM:15.61.0058
STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2016
- ABSTRAK
Karya Ilmiah ini di latar belakangi oleh maraknya tindak kriminalitas
dizaman modern seperti saat ini, kejahatan semakin marak dimana-mana,
khususnya pencurian atau perampokan. Sebut saja perampokan yang mengasak
minimarket dan ATM seperti Alfamart,Indomaret,Atm. Selain itu aksi-aksi
pencurian motor dan mobil yang sedang parkir dijalan atau di pusat
perbelanjaan juga semakin marak. Untuk mengantisipasi hal tersebut,
sekarang ini diberbagai tempat dipasangi CCTV. Entah itu dipusat
perbelanjaan, Minimarket, Hotel, Rumah Sakit, Perkantoran,Tempat Ibadah,Perguruan Tinggi,Sekolah,Tempat umum bahkan di
rumah-rumah pun sudah banyak yang memasang kamera pengawas ini. Selain
kamera pengawas CCTV yang berfungsi sebagai keamanan. Ada pula sistem
informasi Mesin Antrian. Mesin Antrian adalah system yang berfungsi
untuk manajemen antrian pada layanan
masyarakat agar mempermudah nasabah, customer, agar pelanggan merasa
nyaman dan mudah dalam memperoleh hak nya untuk dilayani.
- ISI
Keberadaan CCTV semakin perlu dan penting bagi setiap instansi yang
bergerak di bidang perbankan serta instansi lainnya. Menjelang lebaran,
penjualan CCTV juga meningkat, terutama untuk pengamanan kompleks
perumahan yang ditinggal mudik penghuninya, masyarakat pun merasa harus
memiliki CCTV untuk mengawasi kediamannya.
Berikut adalah tips untuk menjalankan bisnis kamera CCTV agar sukses:
1. Menjalin kerjasama dengan salah satu produsen CCTV.
2. Sebaiknya anda menjadi agen/dealer yang khusus menjual CCTV.
3. Memiliki pengetahuan tentang CCTV maupun instalasinya.
4. Pandai-pandailah menawarkan produk anda pada konsumen. Jelaskan
mengenai kelebihan-kelebihannya, misalkan kemudahan akses maupun
fitur-fitur canggih yang belum banyak diketahui oleh konsumen.
5. Lakukan promosi seefektif mungkin, baik secara offline dengan
menyebarkan brosur, maupun secara online dengan melalui media sosial.
6. Menawarkan perawatan service 24 jam.
Setelah mengetahui trik bisnis kamera CCTV tersebut diatas, saatnya anda
mulai menjalankannya dengan penuh ketekunan dan keuletan. Semoga sukses
menjadi milik anda.
Zaman cepat sekali berubah, rasanya ada yang kurang, apabila sebuah
mesin antrian hanya menjalankan fungsinya saja, padahal disana ada
hal-hal yang bisa menjadi patokan manajemen untuk bisa meningkatkan mutu
layanan, dari evaluasi laporan yang dihasilkan oleh mesin antrian
seperti, laporan rata-rata waktu tunggu yang bisa sebagai patokan apakah
perlu ada tambahan atau pengurangan petugas front liners, laporan tren
kedatangan customer, nasabah, atau pelanggan pada jam tertentu yang bisa
dipakai patokan untuk memutuskan berapa jumlah petugas yang diperlukan
pada jam sekian sampai dengan jam sekian pada tanggal-tanggal tertentu
dalam satu periode bulan atau minggu, laporan key performance indicators
yang bisa digunakan untuk penilaian kinerja individu petugas, dan lain
sebagainya.
Sedangkan Mesin Antrian sendiri sangat membantu untuk pelayanan di
suatu organisasi yang memiliki bannyak nasabah seperti Bank. Dan dapat
juga digunakan untuk mengatur kelancaran mengantri pada rumah sakit dan
tempat-tempat perkantoran lain yang mempunyai banyak loket.
Fungsi utama sebuah mesin antrian bukan mempercepat waktu tunggu, tetapi
mempermudah pengelolaan sehingga ada efisiensi dan efektifitas waktu
sehingga tercipta kelancaran dalam pelayanan, karena petugas akan lebih
bisa fokus pada pekerjaanya tanpa ada gangguan selain seseorang yang ada
didepanya saja, dan tanpa interupsi dari nasabah, customer, atau
pelanggan lain yang belum terlayani.
- KESIMPULAN
Bisnis CCTV dan Mesin Antrian sangat dicari oleh perusahaan atau
perkantoran. Dengan kamera CCTV dapat memantau karyawan dalam berkerja
dan dapat juga digunakan untuk melacak suatu kejadian kriminalitas yang
terjadi di tempat-tempat umum.
Dengan menggunakan Mesin Antrian mampu meningkatkan efisiensi bagi
perusahaan penyedia jasa. Karena Sistem Antrian ini mampu bekerja
sendiri. Tidak diperlukan lagi petugas yang berfungsi untuk membagikan
nomer antrian dan dapat mengatur antrian yang tidak teratur. Mampu
mengendalikan jumlah antrian, Dapat merekam wajah pelanggan secara
otomatis, Dapat mengeluarkan lapuran kinerja petugas, tiket nomer
antrian dapat dilengkapi dengan logo perusahaan, keterangan waktu
ataupun slogan dan motto perusahaan.
- REFERENSI
https://sites.google.com/site/operasiproduksi/teori-antrian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar